Digital Banking
Awards 2022

28 Jun 2022
Tayang Live (melalui Zoom) di Berita Satu TV
Live Streaming di Youtube, Facebook, investor.id & BeritaSatu.com

Digital Banking Awards 2022

  • Latar Belakang
    Pemeringkatan & Penghargaan

    Adanya kompetisi yang ketat dari masing-masing bank dalam memberikan layanan digital, baik yang dilakukan oleh bank digital murni maupun oleh bank umum lewat digital banking-nya akan semakin agresif dan mewarnai lanskap perbankan di masa depan. Segala transaksi dan layanan perbankan akan berada dalam satu genggaman, lewat perangkat smartphone. Kenyamanan dan kemudahan yang dirasakan nasabah akan semakin sempurna jika sektor keuangan dalam satu grup terintegrasi dalam satu layanan digitalisasi.

Tujuan

Bertolak dari kemajuan pesat layanan digital banking saat ini,
Majalah Investor (group dari Berita Satu Media Holdings) dan Intellectual Business Community menggelar pemeringkatan dan pemberian penghargaan untuk layanan digital, baik yang dilakukan oleh bank digital murni maupun bank-bank umum yang sudah mendigitalisasi layanan dan operasionalnya.

Pemeringkatan dan Penghargaan ini bertujuan untuk:

  • (1). Memetakan (mapping) layanan digitalisasi
    perbankan secara umum.
  • (2). Memeringkat kualitas layanan digital banking setiap
    kategori bank berdasarkan klasifikasi KBMI (Kelompok Bank
    Berdasarkan Modal Inti).
  • (3). Membantu pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan
    dalam mendorong transformasi digital sektor perbankan.
  • (4). Mendorong bank-bank untuk memperbaiki kualitas
    layanan digital.
  • (5). Mendorong terjadinya akselerasi pembentukan
    ekosistem digital perbankan di Indonesia.
  • (6). Sebagai ajang atau event untuk memacu setiap bank
    berinovasi dalam layanan digital.
  • Penjurian

    • Pemeringkatan dan Penghargaan ini dilakukan oleh Tim Juri yang berkompeten dan profesional di bidang digitalisasi perbankan dan ahli dalam teknologi informasi.

      Pemeringkatan menggunakan kriteria yang terdapat dalam “Cetak Biru Tranformasi Digital Perbankan” dari OJK serta berdasarkan pengolahan data sekunder yang dilakukan oleh Tim Riset Berita Satu Media Holdings.



Tim Juri terdiri atas:

    • Ketua: Dr. dr. Bayu Prawira Hie, MBA
      (Digital Transformation Expert)
    • Anggota: Hermawan Thendean
      (Praktisi Teknologi Industri Keuangan)
    • Anggota: Rico Usthavia Frans
      (Pengamat Bank)
    • Anggota: Bari Arijono
      (Executive Chairman Banking Institute)
    • Anggota: Suria Dharma
      (Head of Research Samuel Sekuritas)
    • Anggota: Primus Dorimulu
      (Direktur Pemberitaan BeritaSatu Media Holdings)



KRITERIA

Kriteria penilaian mengacu pada enam (6) dimensi utama kematangan digital serta sub-sub dimensi (21 sub-dimensi) yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan, meliputi:

1. Data

Data Protection

Data Transfer

Data Governance

Data Protection Officer

2. Teknologi

Tata Kelola TI

Technology Architecture

Emerging Technology
and Application

3. Manajemen Risiko

IT Risk Management

Outsourcing

Cybersecurity

4. Kolaborasi

Platform Sharing

Kerjasama Lembaga
Keuangan dan
Non-Lembaga Keuangan

5. Tatanan Institusi

Finance & Investment

Culture

Leadership

Organizational Design

Talent

6. Customer

Customer Engagement

Customer Experience

Customer Insight

Customer Trust
and Perception

Customer with
Disabilities



Kriteria yang digunakan dalam penilaian adalah kriteria DMAB
(Digital Maturity Assessment of Banks) dari OJK
termasuk semua definisi dan penjelasan yang diuraikan dalam cetak biru tersebut.



DISCLAIMER: Perlu ditegaskan, bahwa OJK tidak terlibat dalam proses penilaian ini, dan pemberian award ini bukan merupakan representasi OJK.

METODOLOGI

  • Self Assesment

    Yang dilakukan oleh pihak kandidat, untuk menilai setiap sub kriteria, dengan menyertakan alasan dan bukti-bukti pendukung, melalui link: https://s.id/DBA-SELF

  • Public Assessment

    (Ada masukan dari publik) untuk menilai setiap sub kriteria, dengan menyertakan alasan dan bukti-bukti pendukung, melalui link: https://s.id/DBA-PUBLIC

  • Penilaian Tim Juri

    Tim Juri mengadakan penilaian berdasarkan ekspertis tim juri serta masukan dari self-asessment dan public assessment, ditambah dengan interview untuk beberapa kategori/nominasi.


Kabar Terbaru

Kisah Sukses Transfomasi Digital BBRI Lewat BRIvolution

Investor.id - Executive Vice President Application Management and Operation Division, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), I Nyoman Sugiri Yasa mengungkapkan, BRI memiliki program jangka panjang transformasi digital. Program tersebut diwujudkan melalu pengembangan aplikasi BRIvolution.

Pimpinan Bank Jadi Kunci Sukses Transformasi Digital

Investor.id - Digital Transformation Expert, Bayu Prawira Hie mengungkapkan tantangan paling utama transformasi digital adalah mindset. Bagi bank konvensional, terlebih bank besar memiliki legacy yang berbeda dari bank kecil. Untuk mengubah bisnis model menjadi bank yang fully digital tidak mudah, karena memiliki jumlah nasabah yang besar dengan segmentasi berbeda-beda.

Special Dialogue "Tantangan Transformasi Digital Bank"

BeritaSatu - Seluruh perbankan yang saat ini berjumlah 107 entitas, berlomba memberikan layanan digital terbaik untuk para nasabah, sekaligus menjaring calon nasabah. Berbagai aplikasi m-Banking dikembangkan untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan. Beberapa bank besar juga mengembangkan super apps sebagai upaya untuk memperluas penawaran layanan kepada nasabah.

Tahap Interviu Digital Banking Awards 2022

Adanya kompetisi yang ketat dari masing-masing bank dalam memberikan layanan digital, baik yang dilakukan oleh bank digital murni maupun oleh bank umum lewat digital banking-nya akan semakin agresif dan mewarnai lanskap perbankan di masa depan. Berikut adalah tahap interviu beberapa bank yang telah dilaksanakan pada 06-07 Jun 2022.

Bank Digital Andalkan Nasabah Ritel dan Pasar Mikro

BeritaSatu - Bank digital lebih mengandalkan dari nasabah ritel atau kredit konsumer serta pasar mikro pasar mikro dan generasi milenial ... . Bank digital, kata Suria, akan fokus pada nasabah-nasabah ritel atau kredit konsumer serta pasar mikro.

Bank Mana yang Layak Jadi Pemenang Digital Banking Awards 2022?

Investor.id - Acara ini juga bertujuan untuk membantu pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan dalam mendorong transformasi digital sektor perbankan, mendorong bank-bank untuk memperbaiki kualitas layanan digital, mendorong terjadinya akselerasi pembentukan ekosistem digital perbankan di Indonesia, serta sebagai ajang untuk memacu setiap bank bertranformasi digital secara komprehensif," kata Bayu Prawira Hie, Digital Transformation Expert, dalam keterangannya, Selasa (8/3/2022).

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri melalui metode Self Assesment, Public Assessment, serta Penilaian Tim Juri dari kriteria yang mengacu pada enam (6) indikator utama kematangan digital serta sub-sub indikator (21 sub-indikator) yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan, berikut data hasil pemenang pada Digital Banking Awards 2022

BEST OF THE BEST
DIGITAL BANKING AWARDS



BANK MANDIRI


Hasil Best Digital Banking berdasarkan kategori adalah sebagai berikut

BEST DIGITAL BANKING AWARDS
BERDASARKAN KATEGORI

BEST DIGITAL BANKING
KATEGORI
KBMI 4

Dimensi Data :
BANK RAKYAT INDONESIA

Dimensi Teknologi :
BANK MANDIRI

Dimensi Manajemen Risiko :
BANK CENTRAL ASIA

Dimensi Kolaborasi :
BANK MANDIRI

Dimensi Tatanan Institusi :
BANK NEGARA INDONESIA

Dimensi Customer:
BANK CENTRAL ASIA

BEST DIGITAL BANKING
UNTUK KATEGORI
KBMI 3

Dimensi Data :
- BANK DANAMON
- BANK UOB INDONESIA

Dimensi Teknologi :
BANK PERMATA

Dimensi Manajemen Risiko :
BANK TABUNGAN NEGARA

Dimensi Kolaborasi :
BANK MEGA

Dimensi Tatanan Institusi :
- BANK MAYBANK INDONESIA
- BANK UOB INDONESIA

Dimensi Customer:
BANK CIMB NIAGA

BEST DIGITAL BANKING
UNTUK KATEGORI
KBMI 2

Dimensi Teknologi :
BANK DBS INDONESIA

Dimensi Manajemen Risiko :
BANK KEB HANA INDONESIA

Dimensi Kolaborasi :
BANK MAYAPADA INTERNASIONAL

Dimensi Customer:
BANK DBS INDONESIA

BEST DIGITAL BANKING
UNTUK KATEGORI
KBMI 1

Dimensi Data :
BANK CTBC INDONESIA

Dimensi Teknologi :
BANK COMMONWEALTH

Dimensi Manajemen Risiko :
BANK OKE INDONESIA

Dimensi Kolaborasi :
BANK SAHABAT SAMPOERNA

Dimensi Tatanan Institusi :
BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL

Dimensi Customer:
BANK MNC INTERNASIONAL

BEST DIGITAL BANKING
UNTUK KATEGORI
BPD

Dimensi Data :
BANK BPD JAWA BARAT DAN BANTEN

Dimensi Teknologi :
BANK BPD JAWA TENGAH

Dimensi Manajemen Risiko :
BANK DKI

Dimensi Kolaborasi :
BANK BPD NUSA TENGGARA TIMUR

Dimensi Tatanan Institusi :
BANK KALIMANTAN TENGAH

Dimensi Customer:
BANK JAWA BARAT DAN BANTEN

BEST DIGITAL BANKING
UNTUK KATEGORI
SYARIAH

Dimensi Data :
BANK BTPN SYARIAH

Dimensi Teknologi :
BANK BCA SYARIAH

Dimensi Manajemen Risiko :
BANK JABAR BANTEN SYARIAH

Dimensi Kolaborasi :
BANK BTPN SYARIAH

Dimensi Tatanan Institusi :
BANK SYARIAH INDONESIA

Dimensi Customer:
BANK SYARIAH INDONESIA

BEST DIGITAL BANKING
UNTUK KATEGORI
BANK DIGITAL

Dimensi Data :
BANK RAYA INDONESIA

Dimensi Teknologi :
BANK DIGITAL BCA

Dimensi Manajemen Risiko :
BANK NEO COMMERCE

Dimensi Kolaborasi :
BANK JAGO

Dimensi Tatanan Institusi :
BANK JAGO

Dimensi Customer:
BANK NEO COMMERCE

Penyelenggara

Perusahaan/Media penyelenggara Digital Banking Awards 2022

Intellectual Business Community

Majalah Investor

BeritaSatu Media Holdings

Digital Banking Awards 2022

Formulir berikut ini adalah formulir penilaian sendiri (self-assessment)
atau penilaian pihak lain (pribadi, konsumen, partner usaha) dari bank
yang dinilai, yang akan digunakan oleh Dewan Juri sebagai bahan
dalam menilai.

Periode untuk pengisian self-assessment dan public assessment adalah
mulai dari 9 Maret 2022 dan ditutup pada 31 Maret 2022.